Rahasia Sukses George Soros

Pada akhir abad ke-20 serta memasuki awal abad ke-21 sekarang ini, publik bisnis global tak bisa mengesampingkan sosok investor dan pebisnis sukses asal Amerika Serikat (AS). Dialah George Soros. Walau badai krisis moneter menggetarkan dunia di akhir abad ke-20, Soros tak bergeming melakukan terobosan bisnisnya di berbagai wilayah benua. Demikian juga di awal abad ke-21 para investor global kelimpungan dengan resesi ekonomi yang menerpa AS, Soros tak mau takluk dengan situasi resesi. Dia terus tampil dengan ide dan gerakannya yang brilian, terkadang melampaui kebijakan ekonomi negeri Paman Sam.

Banyak karya yang dihasilkan Soros dalam mengisahkan ihwal kesuksesan yang dirainya, tetapi kisah sukses dalam soal investasi dan kecerdasan terangkum semuanya dalam bukunya bertajuk “The Alchemy of Finance: Rumus Sukses Dunia Finansial dan Investasi”. Buku ini merupakan kejutan bagi pasar dunia, karena Soros berani berbagai kisah suksesnya. Soros bersiap diri menerima tantangan dari para pesaing bisnisnya dengan melunsurnya buku ini. Bagi Soros, walaupun pesaingnya mengetahui kiat suksesnya melalui buku ini, tetapi Soros tetap yakin bahwa jalan sukses akan selalu datang dalam setiap gerak manusia yang teguh dengan konsistensi dan kreativitasnya. Soros berbagai agar publik bisnis dunia bisa keluar dari jeratan krisis moneter dan resesi ekonomi global yang terkadang bisa datang setiap saat. Dan pebisnis harus siap dengan berbagai strategi jitu yang visioner.

Bagi seorang pedagang (trader) yang menjadi matang pada paro kedua era 1970-an dan 1980-an yang penuh kehebohan, The Alchemy of Finance merupakan sebuah buku yang agakl revolusioner. Ingatlah bahwa ini merupakan periode di mana kelanjutan tren dan indeksasi merupakan sebuah mantra dalam berinvestasi. Waktu itu masa dimana analisis teknis (studi mengenai pergerakan harga sebagai alat produksi)mencapai titik tertinggi. Para pedagang generasi Soros mempersenjatai diri dengan berbagai bagan dan grafik hasil komputer yang memprediksi arah harga di masa depan.

The Alchemy of Finance merupakan kejutan tiba-tiba. Buku ini memungkinkan kita mengambil langkah maju dengan terlebih dahulu mundur selangkah, dengan maksud bahwa untuk menjelaskan berbagai peristiwa yang tampaknya begitu rumit dan memusingkan. Selama sebuah era di mana begitu banyak uang diperoleh dalam peristiwa-peristiwa mencengangkan, teori Soros ihwal refleksivitas merupakan upaya modern non-teknis pertama untuk menggambarkan dan meramalkan dinamika yang bermain di kalangan para partisan.

Di samping itu, Soros juga menggambarkan dinamika yang terjadi di jalur antara titik-titik ekstrim valuasi dan keseimbangan di pasar. Hal ini terutama penting bagi rata-rata investor. Sudah berapa kali kita mengambil keputusan tepat dengan mengambil posisi long (beli) di saat mendekati titik nadhir atau posisi short (jual) di saat mendekati titik puncak pergerakan harga? Namun, daya tahan kita dalam kedua posisi tersebut selama ini lemah (demikian juga imbal hasil kita) akibat ketiadaan pemahaman mengenai jalur pergerakan harga yang sebenarnya. Soros memberi kita pandangan kritis mengenai jalur itu dan oleh karenanya kepercayaan diri yang lebih besar dalam investasi kita. Semua itu menyumbang 70 % dari upaya investasi yang sukses.

The Alchemy of Finance bukan sekedar memberikan pedoman kisah sukses Soros, tetapi juga merekam sejarah ekonomi dan politik kontemporer yang brilian. Panduan investasi dan strategi berekonomi dia rakit dengan cerdas. Kecerdasannya terlihat karena Soros begitu mengerti dalam menjelaskan kondisi perenomian yang terakit dengan politik global. Peta politik global ia kuasasi, sehingga jurus ekonomi yang dikeluarkan tidak akan ‘melukai’ peta ekonomi yang sedang berkembang. Bahkan dia mencoba melakukan kompromi politik agar gerak ekonominya tidak bertentangan atau berseberangan dengan agenda politik global. Bukan berarti ia pragmatis ketika bersentuhan dengan peta politik, tetapi Soros membangun strategi ekonomi yang cerdas, sehingga bisa diterima semua pihak.

Keluasan pengetahuan dibarengi dengan keberanian dalam spekulasi menjadikan Soros sebagai sosok brilian yang tegar setiap menghadapi persoalan. Serumit apapun yang dihadapi, Soros tetap berusaha tenang menghadapinya, tidak tergiur oleh kriuhan suasana yang gampang menipu. Ketegaran dan ketegasannya di tengah keriuhan inilah yang menjadikannya sebagai prototipe pebisnis yang terus diamati publik. Publik bisnis, bahkan juga publik politik, selalu menunggu langkah-langkah Soros yang penuh kejutan, sehingga bisa memberi inspirasi dalam melangkah.

Bukan sekedar dunia bisnis dan politik yang kuasasi, Soros juga cerdas dalam persoalan sosial. Ia dikenal sangat peduli dengan kondisi masyarakat sekitarnya. Dengan hartanya yang melimpah, Soros dikenal sangat dermawan menyangkut persoalan sosial kemasyrakatan. Bahkan Paul Tudor menyebutnya sebagai sosok paling dermawan dalam sejarah abad ke-20. Banyak yayasan Soros dirikan dan yayasan Soros selalu membuka terobosan baru dalam melakukan rekayasa sosial. Bukan uang saja yang ia dermakan, tetapi ide cerdas dan gerakan sosial yang langsung bisa dirasakan masyarakat. Iya, Soros menjadi sebuah buku yang menarik untuk dibaca dan dikaji dengan seksama.

Oleh Muhammadun AS

  1. Soros emang hebat, sebuah pelajaran yang berharga.

  2. yAPP

  3. Very Good article , and I understood this , thanks guys

  4. nixon smith

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: